AMD Tidak Akan Membatasi Penambangan Cryptocurrency di Kartu Grafis

Tidak seperti Nvidia, AMD tidak akan membatasi kemampuan penambangan cryptocurrency pada kartu grafis PC-nya. “Kami tidak memiliki rencana untuk memperkenalkan batasan penambangan pada kartu grafis Radeon saat ini,” AMD kirim kami.

Pernyataan tersebut apa yang dikatakan Manajer Produk AMD Nish Neelalojanan kepada Tim Komputer Terbaru selama briefing untuk Radeon RX 6700XT mendatang, yang mulai dijual pada 18 Maret “Kami tidak akan bergantung pada beban kerja apa pun, tidak hanya menambang dalam hal ini,” kata Neelalojanan.

Rival Nvidia memperkenalkan pembatas penambangan Ethereum pada kartu RTX 3060 yang baru diluncurkan dengan harapan itu akan menghalangi komunitas cryptocurrency profesional untuk membeli produk. (Ironisnya, Nvidia tidak sengaja membuat cara untuk menghapus pembatas pada kartu, berkat driver perangkat lunak perusahaan itu sendiri.)

Apakah Nvidia akan memperluas pembatas penambangan Ethereum ke kartu grafis RTX masa depan telah menjadi topik banyak spekulasi. Di satu sisi, ini dapat membantu mengurangi permintaan akan produk; di sisi lain, ini menyangkal kebebasan pembuat PC untuk menambang dengan santai di rig mereka sendiri dan mendapatkan uang tambahan.

Namun, AMD menunjukkan bahwa tidak perlu menambahkan batasan apa pun pada kartu grafis PC-nya sendiri, dengan alasan bagaimana arsitektur tidak pernah dioptimalkan untuk penambangan cryptocurrency.

“Semua pengoptimalan kami, seperti biasa, akan menjadi yang pertama dalam bermain game, dan kami telah mengoptimalkan segalanya untuk bermain game. Jelas para gamer akan mendapatkan banyak keuntungan dari ini, dan ini tidak akan ideal untuk beban kerja mining, ”kata Neelalojanan dalam briefing dengan PC Gamer.

Namun demikian, AMD yang baru-baru ini merilis kartu Radeon RX 6800XT dan 6900XT masih peringkat di antara kartu penambangan berkinerja terbaik di belakang Nvidia RTX 3080 dan 3090, menurut Kryptex, penyedia penambangan.

Tentu saja, masalah utama yang AMD dan Nvidia adalah persediaan produk yang rendah. RTX 3060 sendiri tetap menjaga stok di semua pengecer besar di tengah kekurangan chip global. Jadi kami ragu bahwa menambahkan pembatas penambangan akan membuat banyak perbedaan dalam membebaskan persediaan. Banyak calo di eBay sekarang menjual RTX 3060 seharga Rp.10 juta hingga $ 15 juta atau dua kali lipat harga normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *